MA DARUSSALAM

________________________________________________________________________________

 

MADRASAH ALIYAH DARUSSALAM

DESA KEMIRI BARAT KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG

Dewan Guru MA Darussalam

 

PENDAHULUAN

  Madrasah Aliyah Darussalam Kemiri, Subah, Batang terletak di Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Awal Berdirinya beralamat di Desa Kemiri Kecamatan Subah Kabupaten Batang, karena pada tahun 2002 Desa Kemiri secara resmi  dibagi menjadi dua yaitu Kemiri Barat dan Kemiri Timur, sedangkan MA Darussalam terletak di Kemiri Barat maka sekarang beralamatkan di Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah.

  Adapun lokasi MA Darussalam terletak di Desa Kemiri Barat yang berbatasan sebelah timur dengan Desa Kemiri Timur, sebelah barat dengan Desa Gondang, sebelah selatan dengan Desa Kalimanggis dan Jatisari, sedangkan di sebelah utara berbatasan dengan Desa Kuripan dan Laut Jawa.

  Potensi daerah yang dapat dikembangkan di desa Kemiri Barat terutama untuk SDM tidak begitu mengalami kendala karena disini cukup tersedia lulusan atau alumni dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang tergabung dalam wadah HIMARI ( Himpunan Mahasiswa dan Alumni Kemiri ) Dengan demikian tenaga pendidik dapat diambilkan dari potensi  desa yang sudah tersedia.

  Kemudian ditunjang oleh keberadaan Pondok Pesantren Darussalam baik putra maupun putri kami optimis untuk langkah ke depan MA Darussalam akan lebih pesat yaitu akan berbanding lurus dengan keadaan pondok, kalau Pondok Pesantren santrinya semakin banyak maka akan semakin bertambah pula untuk MA Darussalam, karena sebagian besar siswa MA merupakan santri dari Pondok tersebut.

  Untuk potensi lembaga pendidikan di Desa Kemiri Barat sangat mendukung  untuk keberadaan MA Darussalam, terutama untuk menampung lulusan program pemerintah tentang wajib belajar  sembilan tahun. Adapun lembaga pendidikan yang ada baik formal maupun yang non formal adalah :

  1. TK Pelita 01
  2. TPQ Darussalam
  3. Madrasah Diniyah Darussalam
  4. Madrasah Ibtidaiyah Darussalam
  5. SD Negeri 01
  6. SD Negeri 02 (sudah di marger dengan SD Negeri 01)
  7. SD Negeri 03
  8. MTs Darussalam
  9. SMP Darma Catur
  10. MA Darussalam
  11. SMK Darussalam
  12. Pondok Pesantren Darussalam

LATAR BELAKANG

 

Sejarah Berdirinya MA. Darussalam Kemiri Subah Batang

  Terdorong rasa tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia  dan   untuk turut serta membangun bangsa melalui jalur pendidikan baik formal mauapun non formal, maka sejak tahun pelajaran 1988/1989 Yayasan Wakaf Darussalam Kemiri Subah Batang telah merintis pendirian Pondok Pesantren Putra-Putri  dan Madrasah Tsanawiyah yang pada perkembangannya mangalami kemajuan yanag berarti. Terbukti dari jumlah siswa yang terus bertanmbah, sehingga untuk biaya pengeluaran rutin dapat ditangani sendiri oleh madrasah.

  Bahwa dalam penyelenggaraan pendidikan non formal yanag terus berkembang di lingkungan Pondok Pesantren Darussalam Putra-Putri yaitu dengan semakin banyaknya santri baik yang berasal dari desa Kemiri sendiri maupun dari luar desa Kemiri yang berusia pada jenjang pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) kemudian juga program pendidikan di Pondok Pesantren dengan materi pelajaran yang hanya dapat diselesaikan hanya minimal enam tahun, sehingga diharapkan siswa-siswi MTs Darussalam Kemiri Subah Batang yang sudah lulus tetapi belum selesai dalam menempuh pendidikan pondok maka dapat menyelesaikannya dalam waktu tiga tahun lagi tanpa harus meninggalkan pendidikan formal di Madrasah Aliyah Darussalam Kemiri Subah Batang.

  Dengan demikian maka pada Tanggal 20 Juli 1995 Yayasan Wakaf Darussalam Kemiri Subah Batang secara resmi mendirikan Madrasah Aliyah Darussalam yang pada saat itu masih berstatus menginduk/filial pada Madrasah Aliyah NU Limpung Batang.

  Selanjutnya pada Tanggal 15 Oktober 1998 secara resmi MA. Darussalam Kemiri Subah Batang dibawah koordinasi Yayasan Wakaf Darussalam mendapat status terdaftar pada Departemen Agama dengan Piagam Madrasah Nomor : Wk/5.a/PP.03.2/3991/024/1998.

 

Kondisi Perkembangan Madrasah

  Madrasah Aliyah Darussalam Kemiri Subah  Batang terus berbenah diri sehubungan dengan  semakin bertambah usia dan persiapan dalam menghadapi kesiapan Kurikulum Berbasis Kompetensi.

  Hal ini dapat dilihat mengenai kepindahan lokasi gedung yang sebelumnya masih menginduk dengan MA NU Limpung Batang dan untuk kegiatan belajar mengajarnya masih seadanya terbukti dengan menempati rumah-rumah penduduk yang sudi untuk sarana kegiatan belajar siswa, kemudian menempati gedung MI Darussalam dan selanjutnya mulai tahun pelajaran 2003/2004 menempati gedung baru bekas SD Negeri Kemiri 02 yang sudah dimarger ke dalam SD Negeri Kemiri 01, dengan harapan kepindahan tersebut akan menambah suasana belajar mengajar semakin kondusif karena dekat dengan sarana olah raga yaitu lapangan sepak bola dan Pondok Pesantren Darussalam sehingga akan lebih memudahkan koordinasi dengan Pondok maupun dengan Yayasan.

Adapun perkembangan lebih lanjut dari  MA Darussalam Kemiri Subah Batang adalah sebagai berikut :

  1. Nama Sekolah                      : MA. Darussalam Subah
  2. Alamat Desa                         : Jl. Lapangan Timur No. 01, Kemiri Barat
  3. Kecamatan                            : Subah
  4. Kabupaten                            : Batang
  5. Provinsi                                 : Jawa Tengah
  6. Kode Pos                               : 51262.
  7. Telepon/HP                           : ( 0285 ) 6681566/ 085226845447
  8. E-mail                                    : madrasahaliyahdarussalam@gmail.com.
  9. Nama Yayasan                      : Yayasan Wakaf Darussalam
  10. Alamat Desa                          : Kemiri Barat
  11. Kecamatan                            : Subah
  12. Kabupaten                             : Batang
  13. Provinsi                                 : Jawa Tengah
  14. Kode Pos                               : 51262
  15. Telepon/HP                           : ( 0285 ) 6681566/ 085226845447
  16. NSS/NSM                              : 131233250008
  17. Tahun berdiri                        : 1995
  18. Tahun beroperasi                  : 1995
  19. Status tanah                          : Milik Desa
  20. Surat kepemilikan tanah       : –
  21. Luas tanah                            : 1.200 m2
  22. Nomor persil tanah              : 76
  23. Letak tanah                          : Blok Kemiri Utara
  24. Status Bangunan                  : Hak Guna Pakai
  25. Surat Ijin Bangunan             : –
  26. Luas Bangunan                    : 150 m2

Jumlah siswa :

Kelas Jumlah Siswa Per Tahun Pelajaran
2015/2016 2016/2017 2017/2018
X 97 85 110
XI 87 85 85
XII 48 80 80

Jumlah

232 250 275
  1. Data Ruang Kelas :
  2. Kelas X              3 Ruang           : Kondisi baik
  3. Kelas XI             3 Ruang           : Kondisi baik
  4. Kelas XII            2 Ruang           : Kondisi baik
  5. Jumlah rombongan belajar       : Kelas X : 3 Rombongan Belajar   b. Kelas XI  : 3 Rombongan Belajar c. Kelas XII                                                      : 2 Rombongan Belajar
  6. Jumlah Guru keseluruhan         : 18 Orang
  7. Guru tetap : –
  8. Guru Tetap Yayasan                  : 16 Orang
  9. Guru PNS Dipekerjakan            : 2
  10. Guru Bantu/Kontrak                  : –
  11. Staf Tata Usaha                          : 5 Orang
  12. Sumber dana dan perawatan    : BP3/Yayasan/Bantuan Lainnya

 

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN MA

  Madrasah Aliyah Darussalam Subah, Batang merupakan salah satu unit di bidang pendidikan formal dan bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Batang,  Jawa Tengah  Sebagaimana lazimnya penyelenggara-penyelenggara pendidikan formal, maka Madrasah Aliyah  Darussalam Subah, Batang, Jawa Tengah mempunyai visi, misi, tujuan dan sasaran sebagai berikut :

A. VISI

Sebagai lembaga pendidikan formal , Madrasah Aliyah Darussalam Kemiri, Subah, Batang mempunyai visi sebagai berikut :

“TERWUJUDNYA  GENERASI  MUSLIM YANG BERAKHLAKUL KARIMAH CERDAS DAN UNGGUL DALAM BERPRESTASI”

” GENERASI MADASS/ MA DARUSSALAM “

 

B. MISI

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dan pembiasaan dalam menjalankan ajaran Islam untuk mewujudkan generasi yang berakhlakul karimah
  2. Mewujudkan pembentukan karakter Islami yang cerdas sehingga mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama.
  3. Menyelenggarakan tata kelola madrasah yang profesional sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan yang mempunyai keunggulan prestasi ilmu agama maupun ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

C. TUJUAN

  Tujuan yang ingin dicapai antara lain meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan diharap`kan dapat dibentuk manusia seutuhnya, yaitu iman dan taqwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap, mandiri, bertanggungjawab dan memiliki etos kerja tinggi.

 

1. PROGRAM DAN KEGIATAN

  Dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Darussalam dilaksanakan selama enam hari dan libur pada hari Ahad atau lebih dikenal dengan kegiatan  kurikuler, kemudian untuk menambah pengetahuan siswa ditambah dengan kegiatan ekstra kurikuler yaitu kegiatan kepramukaan setiap hari Jum’at sore.

 Hal ini dilakukan demikian karena sebagian besar siswa merupakan santri dari Pondok Pesantren Darussalam yang masih satu atap kebijakan dalam Yayasan Wakaf Darussalam Kemiri Subah Batang, sehingga waktu selebihnya banyak digunakan dalam kegiatan Pondok Pesantren.

 

2. PENGELOLA

  Pengelolaan dalam kebijakan Kepala Madrasah di dalam mengisi struktur kepengurusan lembaga dipilih berdasarkan suara yang diperoleh dari arus bawah dengan melihat kemampuan dan loyalitas terhadap keberadaan madrasah. (Sharing)

  Untuk setiap pelaksanaan kebijakan tentu harus sesuai dengan prosedur pelaksanaan yang jelas diatur dalam job discrptionnya agar lebih terarah ,efektif dan efisien ( lihat lampiran 1 )

 

3. KURIKULUM LOKAL

 Untuk lebih tepat sasaran  sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai oleh Madrasah Aliyah Darussalam Kemiri Subah Batang yaitu :

  1. Mencerdaskan kehidupan masyarakat melalui pembinaan dan meningkatkan kualitas pendidikan.
  2. Mendidik dan membina masyarakat untuk menjadi manusia yang bertaqwa dan berkepribadian, terampil dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu menunaikan tugas dan kewajibannya dalam agama, masyarakat, berbangsa dan bernegara ala ahlus sunnah wal jamaah.

 Melihat kondisi demikian maka sesuai dengan program kekhususan  yang diterapkan yaitu program IPS dan IPA, maka untuk pelajaran  Ahli Sunnah Wal Jamaah dan Komputer menjadi mata pelajaran wajib yang harus diikuti oleh semua siswa dari kelas X sampai kelas XII.

 

4. GURU

  Seperti yang telah ditulis  bahwa jumlah tenaga  pengajar/Guru  di MA Darussalam Kemiri Subah Batang sebanyak 14 Orang. Dari jumlah semua Guru sudah mengajar sesuai dengan bidang mata pelajaran yang diampunya. Hal ini sedikit dapat teratasi dengan pengiriman penataran guru bidang studi diberbagai kesempatan.

  Di dalam pengajarannya guru menggunakan metode yang variatif yaitu dengan ceramah, tanya jawab, diskusi maupun praktik lapangan akan tetapi masih juga terdapat kelemahan diantara para guru yang kurang profesional dan kreatif walaupun sudah sesuai dengan jurusan masing-masing dalam mengajar.

 

5. SISWA

  Untuk jumlah siswa pada MA Darussalam Kemiri Subah Batang dari tahun berdirinya sampai pada perkembangan sekarang selalu mengalami peningkatan, walaupun pada tahun terakhir ini terjadi penurunan tapi itu tidak menjadi patokan bahwa minat anak untuk melanajutkan ke MA Darussalam berarti menurun apalagi dengan direhabnya ruang kelas belajar dan ruang guru maupun prasarana penunjang lainnya akan menjadi daya tarik  dan motivasi tersendiri bagi calon siswa terutama dari MTs Darussalam sendiri

 

6. ALUMNI

  Setiap tahun MA Darussalam menunjukkan angka kelulusan 100% yang tersebar ke berbagai daerah asal , karena alumni tersebut kebanyakan berasal dari luar daerah  bahkan tidak sedikit dari luar jawa dengan tujuan mondok/nyantri sambil sekolah tidak sekolah sambil mondok. Disamping itu banyak juga dari para alumni masih tetap tinggal di asrama pondok untuk tetap melanjutkan pelajaran di pondok pesantren.

  Dengan demikian para alumni masih sering terlibat secara langsung pada acara atau kegiatan di luar sekolah seperti pada kemah kepramukaan dalam pelantikan Dewan Kerja Ambalan baru maupun pelantikan anggota OSIS baru.

 

7. SARANA DAN PRASARANA

Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh MA Darussalam, yaitu :

  1. Gedung
  2. Luas bangunan      : 150 m2
  3. Luas tanah             : 1.200 m2
  4. Status tanah          : Milik Desa
  5. Hak Tanah             : Hak Pakai
  6. Kontruksi Gedung : Permanen
  7. Lantai                     : Keramik
  8. Atap                       : Genting Pres
  9. Langit-langit          : Eternit

Lokal

  • – Ruang Kelas                            : 9 ruang
  • – Ruang Kantor TU                    : 1 ruang
  • – Ruang Kepala                          : 1 ruang
  • – Ruang Guru                             : 1 ruang
  • – Ruang Tamu                            : 1 ruang
  • – KM/W                                      : 5 buah
  1. Lapangan Olah raga
  • Lapangan sepak bola               : 1 buah (hak pakai milik desa)
  • Lapangan bola volley               : 1 buah
  • Lap. bulu tangkis/takraw          : 1 buah

 

Perlengkapan dan alat Pelajaran

  1. Bangku/meja murid                  : 140  buah
  2. Kursi murid                               : 280 buah
  3. Meja/Kursi Kepala                     : 1 Set
  4. Meja/Kursi Guru                        : 18 buah
  5. Almari buku                               : 4 buah
  6. Rak Buku                                    : 2 buah
  7. Filling Cabinet                            : 1 buah
  8. Papan Tulis                                 : 18 buah
  9. Kursi Tamu                                 : 2 Set
  10. Jam Dinding                               : 12 buah
  11. Mesin tulis/Tik                            : 1 buah
  12. Komputer                                   : 40 buah
  13. Mesin Hitung                             : 5 buah
  14. Almari buku                                : 4 buah

RUANG LAB. KOMPUTER MA DARUSSALAM

8. PENDANAAN

  Sumber dana yang diperoleh MA. Darussalam Kemiri Subah Batang terdiri dari tiga sumber yaitu : stimulan dari pemerintah, swadaya orang tua/wali siswa dan subsidi yayasan apabila kurang mencukupi pada kebutuhan tertentu seperti tunjangan hari raya.

9. LEMBAGA JARINGAN

  Untuk pengadaan komputer yang dirasa banyak memakan biaya  sampai saat ini MA Darussalam Kemiri Subah Batang mengadakan kerja sama masalah pengadaan komputer dengan LSM di Lingkungan Kecamatan Subah, akan tetapi untuk kedepannya (kemungkinan setelah lebaran tahun ini) akan melakukan usaha kredit / leasing dengan pihak luar sekolah.

 

10. BP3 / KOMITE SEKOLAH

     Keberadaan Komite sekolah/madrasah dewasa ini sangat membantu dalam perkembangan Madrasah Aliyah Darussalam , terbukti  perannya dalam selesainya pengadaan meubelair untuk kelancaran kegiatan belajar tahun pelajaran 2017/2018 sampai sekarang.

 

11. KEGIATAN SISWA – SISWI MA DARUSSALAM 

Upacara Bendera dan Serah Terima Jabatan OSIS, PRAMUKA, IPNU-IPPNU dan PMR

 

Sambutan Kepala Madrasah Dalam Acara Perpisahan Siswa-siswi Kelas XII MA Darussalam 

Sebagian Siswa-siswi Kelas XII MA Darussalam 

Pentas Kreasi dan Hiburan Dalam Acara Perpisahan Siswa-siswi Kelas XII MA Darussalam  TAHUN 2017/2018

 

Kegiatan Kepramukaan MA Darussalam 

 

 PMR Wira MA Darussalam 

 

Marching Band Genta Buana 

 

Kegiatan Donor Darah di MA Darussalam 

 

Siswa-siswi MA Darussalam Mengikuti Karnaval Dalam Rangka Memperingati HUT RI

 

12. KEJUARAAN PADA TAHUN 2017/2018

Penyerahan Piala Lomba Teater Tingkat Kabupaten Batang

 

Foto Bersama Dewan Guru Beserta Pemain Teater MA Darussalam  

Setelah Menjadi Juara Umum Teater Tingkat Kabupaten Batang

  1. Juara 1 (satu) penyaji terbaik teater tingkat kabupaten Batang
  2. Juara 1 (satu) Artistik terbaik teater tingkat kabupaten Batang
  3. Juara 1 (satu) Aktris terbaik teater tingkat kabupaten Batang
  4. Juara 1 (satu) penyutradaraan terbaik teater tingkat kabupaten Batang
  5. Juara Umum teater tingkat kabupaten Batang
  6. Juara 1 (satu) cabang mata pelajaran Bilogi pada KSM tingkat kabupaten Batang
  7. Juara 1 (satu) cabang mata pelajaran Fisika pada KSM tingkat kabupaten Batang
Facebook Comments