PERPUSDES “GEMBARA KEMBAR”

          Secara umum Desa Kemiri Barat terletak ± 6 KM arah utara Ibu Kota Kecamatan Subah, dengan perbatasan daerah/wilayahnya di sebelah timur Desa Kemiri Timur , sebelah selatan Desa Kalimanggis , sebelah barat Desa Gondang dan sebelah utara Desa Kuripan dan dengan luas wilayah 654,003   Ha yang terbagi dalam 15 RT, 5 RW/Pedukuhan, yakni Dk. Kemlaka, Dk. Kemiri Selatan, Dk. Kemiri Utara, dan Dk. Jumbleng, dan Dk. Boyong dengan jumlah penduduk ±3.325 jiwa.

      Dengan letak yang jauh dari jalan raya utama masyarakat Desa Kemiri Barat menjadi termotivasi untuk memajukan desanya menjadi lebih maju baik diperekonomian maupun di pendidikan. Alhasil telah didirikannya Pasar Desa untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan aktifitas jual beli, sehingga perekonomian masyarakat menjadi lebih baik.

       Begitu pula dibidang pendidikan Desa Kemiri Barat telah mengalami banyak kemajuan dengan berdirinya berbagai tingkatan pendidikan seperti : PAUD, TK, SD, SMP, MTs, MA, SMK dan Pondok Pesantren. Didasari hal tersebut Kepala Desa menjadi lebih termotifasi dalam meningkatkan pendidikan di Desa Kemiri Barat yaitu dengan memberikan arahan kepada pemuda desa dibantu dengan Pemerintah Desa dan  tokoh masyarakat untuk mendirikan Perpustakaan Desa maka ditunjuklah Saudari Kusrini, S.I.Pust. untuk  mendirikannya. Dan pada tanggal 5 Desember 2015 berdirilah Perpustakaan Desa yang diberi nama Perpusdes “GEMBARA GEMBAR” dari singkatan Gemar Membaca Bersama Masyarakat Desa Kemiri Barat dengan maksud dimana pemuda, siswa-siswi dan masyarakat umum dapat menambah ilmunya dengan membaca di perpustakaan Desa Kemiri Barat.

          Pada tahun 2016 bergabung dengan Program Perpuseru yang didirikan oleh Coca Cola Foundation dan di bina oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Batang. Dan pada tahun 2017 Perpusdes “GEMBARA GEMBAR” menjadi salah satu perpustakaan terbaik tingkat Nasional dan mendapat Award dari Coca cola Foundation Indonesia.

 

 

Perpusdes “GEMBARA KEMBAR” juga memiliki kegiatan baik dari program kerja perpusdes sendiri maupun kerja sama dengan pihak lain  seperti :

  1. Pelatihan Komputer
  2. Senam bersama
  3. Mendongeng

     Rabu  (04/07/2018) Dalam Even tahunan Peer Learning Meeting (PLM) yang diselenggarakan oleh Perpuseru Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) dari tanggal 4 sampai dengan 7 Juli 2018, even tersebut diikuti oleh 1.467 peserta dari Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten/Kota dan Perpustakaan Desa (Perpusdes) seluruh Indonesia yang dipusatkan di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

        Dalam even tersebut Kabupaten Batang Menjadi Juara umum dengan membawa 23 penghargaan dari berbagai macam kategori. Dari 23 penghargaan yang didapat tersebut salah satunya didapat oleh Perpusdes “Gembara Kembar” Desa Kemiri Kecamatan Subah Kabupaten Batang untuk kedua kalinya yaitu dengan kategori perspudes terbaik dalam even tersebut Perpusdes “Gembara Kembar” diwakili oleh Saudari Kusrini, S.I.Pust.

Facebook Comments