Sejarah

BUM Desa “MULYO LESTARI”

         Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 pasal 87 berbunyi; Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa yang disebut BUM Desa, BUM Desa dikelola dengan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan, BUM Desa dapat menjalankan usaha di bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

       Adapun penjelasan dari pasal 87 adalah bahwa Dalam meningkatkan sumber pendapatan Desa, BUM Desa dapat menghimpun tabungan dalam skala lokal  masyarakat Desa, melalui pengelolaan dana bergulir dan simpan pinjam. BUM Desa dalam kegiatannya tidak hanya berorientasi pada keuntungan keuangan, tetapi juga berorientasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa.

        Amanat UU Desa tersebutlah yang mematik semangat agar untuk segera mendirikan BUM Desa yang ada di Desa Kemiri Barat. BUM Desa dinilai perlu didirikan karena banyaknya potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang bisa dikembangkan serta potensi usaha yang memiliki peluang pasar.

        Rapat Pembentukan Panitian Pendirian BUM Desa

        Pada tanggal 10 April 2017 BPD, Pemerintah Desa, LPMD, PKK, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh pemuda melakukan rapat yang dipimpin oleh ketua BPD (Bapak Dasari, S.Pd.) untuk menentukan panitia musyawarah pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Desa Kemiri Barat. Dalam kesempatan tersebut hadir pula Tim dari BINA SWADAYA Jakarta (Bp. Sasmito dan Bp. Agus) sebagai Lembaga pelopor Pendirian BUM Desa di Kabupaten Batang dan dari Kecamatan yang diwakili Saudara Ahmad Faizin. Dalam musyawarah tersebut telah ditentukan susunan panitia musyawarah pendirian BUM Desa yang bertugas mempersiapkan proses Musyawarah Desa Pendirian BUM Desa Kemiri Barat.  Adapun Susunan Panitia Musyawarah Pendirian  BUM Desa Kemiri Barat sebagai berikut;

Ketua   :  Agus Susila, S.E (Sekretaris BPD)

Anggota :

  1. Nasichin, S.Pd.I ( unsur anggota BPD )
  2. Kusrini, S.I.Pust ( unsur KPMD )
  3. Suparto ( unsur perwakilan masyarakat )
  4. Lihanjihin ( unsur perwakilan pemuda )
  5. Karmujiono ( unsur perwakilan pemerintah desa )

 

Facebook Comments