SMK Darussalam

________________________________________________________________________________

 

SMK DARUSSALAM

DESA KEMIRI BARAT KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG

IDENTITAS SEKOLAH

IDENTITAS SMK DARUSSALAM SUBAH

 

  1. Nama Sekolah           :   SMK DARUSSALAM SUBAH
  2. NSS                           :   402032509011
  3. NPSN                        :  20350670
  4. Stastus                      :   Swasta
  5. Nama Pimpinan        :   Misbakhul Huda, S.Th.I.
  6. Tahun Pendirian        :   2008
  7. Tahun Beroperasi     :   2008
  8. Luas Tanah               :   14.508,10 m2
  9. Instansi Induk          :   Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah
  10. Status Kepemilikan  : Yayasan Wakaf Darussalam
  11. Akreditasi                : Terakreditasi B
  12. Kelompok SMK       :    Teknik Kedaraan Ringan (TKR), Akuntansi (AK), Tektik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  13. Jumlah Siswa           : 352  orang
  14. Jumlah Guru dan Kepala Sekolah      : 19  orang
  15. Jumlah Tenaga Non Kependidikan    : 6   orang
  16. Jumlah Rombongan Belajar per Program Keahlian :
Program Keahlian Jumlah Rombongan Belajar Total
Kelas X Kelas XI Kelas XII
Teknik Kendaraan Ringan 2 2 2 6
Akuntansi 1 1 1 3
Teknik Komputer dan Jaringan 2 2 1 5
Jumlah 5 5 4 14
  1. Alamat : Lapangan Selatan No. 05, RT 03 RW 02 Kemiri Barat – Subah

Desa / Kelurahan       :   Kemiri Barat

Kecamatan                 :   Subah

Kabupaten                 :   Batang

Provinsi                     :   Jawa Tengah

  1. Kualifikasi Geografis : Pedesaan
  2. Telepon Sekolah : ( 0285 ) 6681699
  3. E-Mail : smkdarussalamsubah@ymail.com

 

 IDENTITAS KEPALA SMK DARUSSALAM SUBAH

  1. Nama Kepala Sekolah                       : Misbakhul Huda, S.Th.I.
  2. NIP                                                    : –
  3. Pangkat/ Golongan                          : –
  4. Jenis Kelamin                                    : Laki-laki
  5. Tempat, Tanggal Lahir                      : Batang, 4 September 1978
  6. Alamat : Kemiri Barat, RT.02 RW.03 Kecamatan Subah,   Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah
  7. HP : 081328710785
  8. Latar Belakang Pendidikan

a. MI : MI Darussalam Kemiri

b. MTs : MTs Darussalam Kemiri

c. MA : MA Futuhiyah Mranggen Semarang

d. S1 : UIN Sunan Kaligaga Jogjakarta

 

DATA JUMLAH GURU DAN KARYAWAN SMK DARUSSALAM SUBAH

  1. Kepala Sekolah                  : 1  Orang
  2. Jumlah guru keseluruhan  : 19 Orang
  3. Normatif dan Adaktif        : 12 Orang
  4. Produktif                           : 7 Orang
  5. Guru Tetap                        : –
  6. Guru Tidak Tetap              : 19 Orang
  7. Guru PNS Dipekerjakan    : –
  8. Guru Bantu/ Kontrak        :  –
  9. Staf Tata Usaha                :  6 Orang

 

IDENTITAS YAYASAN

  1. Nama Yayasan                        : Yayasan Wakaf Darussalam Kemiri
  2. Nama Ketua Yayasan              :  Drs Khotibul Umam.
  3. HP                                           :  –
  4. Izin Operasional Yayasan       : Nomor      : AHU.3708.AH.01.04.Tahun.2010

Tanggal                                 : 02 September 2010

  1. Alamat Yayasan

Desa/ Kelurahan                     : RT 02 RW 03 Kemiri Barat

Kecamatan                             : Subah

Kabupaten                              : Batang

Provinsi                                   : Jawa Tengah

 

KONDISI GEDUNG

SMK Darussalam Subah memiliki Kampus I, berlokasi di Jl. Lapangan Selatan No. 05 Pondok Pesantren Darussalam Kemiri Barat – Subah. Adapun fasilitas yang ada adalah :

  1. Ruang Kelas                 : 14 ruang
  2. Kantor                          : 1 ruang
  3. Ruang Guru                 : 1 ruang
  4. Aula                             : 1 ruang
  5. Lab Komputer             : 3 ruang
  6. Lab IPA                        : 1 ruang
  7. Bengket TKR                : 2 ruang
  8. Perpustakaan               : 1 ruang
  9. Ruang Kepala Sekolah : 1 ruang
  10. Ruang Tata Usaha        : 1 ruang

 

KONDISI TANAH

SMK Darussalam Subah menempati areal tanah seluas 14.508,10 m2, dengan status hak milik Yayasan Wakaf Darussalam Kemiri (Berserifikat Hak milik) yang dialokasikan untuk mencukupi kebutuhan SMK Darussalam Subah.

 

A. LATAR BELAKANG

Yayasan Wakaf Darussalam (YWD) Kemiri, Subah, Batang, bergerak dalam bidang dakwah, pendidikan dan sosial. Berkaitan dengan hal tersebut untuk menjawab tantangan masa depan dan semakin derasnya arus globalisasi maka (YWD) perlu memersiapkan generasi muda yang memunyai bekal ketrampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan benteng iman dan takwa (IMTAK). Agar tercapai sasaran tersebut pada tanggal 2 Mei 2008 YWD di bawah Ketua Umum KH. Achmad Damanhuri Ya’qub (Ketua MUI Kabupaten Batang) dan didukung dari unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Batang yang diwakili oleh Wakil Bupati Batang Drs. H. Achfa Mahfudz, M.Si. membuka Lembaga Pendidikan Tingkat Atas (SLTA) di bawah naungan Departemen Pendidikan Nasional yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darussalam Subah, Kabupaten Batang untuk kelompok Teknologi dan Industri dengan Program Studi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif (TMO) yang dikhususkan dalam  Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darussalam Subah, Kabupaten Batang merupakan lembaga pendidikan menengah kejuruan yang bergerak pada bidang pendidikan formal. SMK Darussalam Subah terletak di Jalan Lapangan Selatan No. 05 Kemiri Barat – Subah, Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah Kabupaten Batang. SMK Darussalam Subah berada di bawah naungan Yayasan Wakaf Darussalam (YWD) Kemiri dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (DISDIKPORA) Kabupaten Batang.

Adapun lokasi SMK Darussalam di Desa Kemiri Barat yang berbatasan sebelah timur dengan Desa Kemiri Timur, sebelah barat dengan Desa Gondang, sebelah selatan dengan Desa Kalimanggis dan Jatisari, sedangkan di sebelah utara berbatasan dengan Desa Kuripan dan Laut Jawa.

Potensi daerah yang dapat dikembangkan di desa Kemiri Barat terutama untuk SDM boleh tidak begitu mengalami kendala karena disini cukup tersedia lulusan atau alumni dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang tergabung dalam wadah HIMARI ( Himpunan Mahasiswa dan Alumni Kemiri ) Dengan demikian tenaga pendidik dapat diambilkan dari potensi  desa yang sudah tersedia.

Kemudian ditunjang oleh keberadaan Pondok Pesantren Darussalam baik putra maupun putri kami optimis untuk langkah ke depan SMK Darussalam akan lebih pesat yaitu akan berbanding lurus dengan keadaan pondok, kalau Pondok Pesantren santrinya semakin banyak maka akan semakin bertambah pula untuk SMK Darussalam, karena sebagian besar siswa SMK merupakan santri dari pondok.

Dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar di SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang dilaksanakan selama enam hari dan libur pada hari Minggu atau lebih dikenal dengan kegiatan  Intra kurikuler, kemudian untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan siswa kami mengadakan kegiatan ekstra kurikuler yang terdiri dari kegiatan setir mobil pada hari Sabtu siang, pencak silat setiap hari Rabu siang dan kegiatan olahraga lainnya. Hal ini dilakukan demikian karena sebagian besar siswa merupakan santri dari Pondok Pesantren Darussalam yang masih “satu atap” dalam Yayasan Wakaf Darussalam Kemiri, Subah, Batang, Jawa Tengah sehingga waktu selebihnya banyak digunakan dalam kegiatan Pondok Pesantren.

Untuk menambah ilmu pengetahuan siswa juga memeroleh ilmu pengetahuan tentang  agama (pendidikan islami) seperti Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an dan Al-Hadis, pengajian Kitab Kuning, Kaligrafi, Khitobah, Qiro’ah dan lain-lain. Hal ini dikarenakan SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang berdiri di lingkungan pondok pesantren. Sehingga diharapkan tercipta Out Put yang mempunyai bekal :

  1. Kesiapan keterampilan untuk bekerja dan berwira usaha
  2. Ilmu pengetahuan umum untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
  3. Ilmu pengetahuan dari pondok pesantren sebagai pegangan hidup.

Untuk lebih tepat pada sasaran  sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai oleh SMK Darussalam Subah, Kabupaten Batang,  yaitu :

  1. Menyerdaskan kehidupan masyarakat melalui pembinaan dan peningkatan kualitas pendidikan.
  2. Mendidik dan membina masyarakat untuk menjadi manusia yang bertaqwa dan berkepribadian, terampil dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu menunaikan tugas dan kewajibannya dalam agama, masyarakat, berbangsa dan bernegara   ala ahlus sunnah wal jama’ah.

Melihat kondisi demikian maka sesuai dengan program kekhususan  yang diterapkan yaitu Teknik Mekanik Otomotif / Terknik Kendaraan Ringan, maka untuk Mata Pelajaran Produktif (Permesinan), Pengenalan Dasar Teknik Mesin (PDTM) dan Komputer menjadi mata pelajaran wajib yang harus diikuti dan untuk muatan lokal disamping ada mata pelajaran Bahasa Jawa, Ahli Sunnah Wal jama’ah/Ke-NU- an juga ada Baca  Tulis Al Quran dan Al-Hadis.

Selain itu untuk menyesuaikan kebutuhan dan tuntutan masyarakat serta Dunia Usaha/ Industri (DU/DI), maka pada tahun 2012/ 2013. SMK Darussalam Subah membuka Kompetensi Keahlian Akuntansi untuk siswa perempuan dan tahun 2014/2016 SMK Darussalam Subah membuka Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan guna meningkatkan jumlah peserta didik dan calon peserta didik baru.

Untuk potensi lembaga pendidikan di Desa Kemiri Barat sangat mendukung  untuk keberadaan SMK Darussalam, terutama untuk menampung lulusan program pemerintah tentang wajib belajar  sembilan tahun. Adapun lembaga pendidikan yang ada baik formal maupun yang non formal adalah :

  1. MTs Darussalam TK Pelita I
  2. SMP Darma Catur TPQ Darussalam
  3. Madrasah Diniyah Darussalam MA Darussalam
  4. Madrasah Ibtidaiyah Darussalam SMK Darussalam Subah
  5. SD Negeri 01 Pondok Pesantren Darussalam
  6. SD Negeri 03

Dengan potensi yang ada dan dukungan dari pemerintah melalui Kebijakan Pokok Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional untuk mewujudkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing serta penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berada di Lingkungan Pondok Pesantren.

Maka dalam rancangan rencana strategis Pendidikan Menengah Kejuruan SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang yang berbasis pondok pesantren ditetapkan prioritas program pembangunan dan pengembangan pendidikan kejuruan ke depan secara bertahap dan di arahkan pada peningkatan mutu dan relevansi manajemen pendidikan yang berkualitas dan memberikan bekal ilmu agama yang lebih sebagai pedoman hidup.

Konsekuensinya untuk mengejar mutu dan peningkatan akses tersebut, maka SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang harus berupaya menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berstandar nasional, baik kualitas guru maupun siswa dan lulusannya. Di samping itu SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang juga harus mempersiapkan berbagai program inovatif yang menyangkut kompetensi berstandar nasional guna peningkatan kualitas dan kuantitas pembelajaran serta pencapaian standar kompetensi siswa dan lulusan SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang, sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja pada Dunia Usaha dan Industri (DU/DI) dan atau mencetak tenaga kerja/ wirausahawan muda yang terampil, berahlakul kharimah, kompeten dibidangnya dan mampu bersaing ditingkat regional maupun nasional.

Berdasarkan Pemikiran tersebut SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang yang berdiri tahun 2008 selalu melakukan evaluasi diri dan memperbaiki kekurangan yang ada secara terus menerus dan secepat mungkin. Sehingga dari tahun pertama berdiri sampai sekarang SMK Darussalam Subah selalu mengalami perkembangan yang baik. Beberapa factor yang menumbuhkan semangat SMK Darussalam Subah untuk lebih berkualitas, diantaranya :

  1. SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang memiliki keunggulan dibandingkan dengan sekolah setingkat lainnya, yaitu sebagai satu-satunya sekolah kejuruan Otomotif dan Akuntansi di Kecamatan Subah yang berbasis pesantren/ komunitas.
  2. Keberhasilan SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang dalam UAN tahun 2010 dan 2011 yang dapat meluluskan siswa seluruhnya / tingkat kelulusan 100 %
  3. Lulusan SMK Darussalam Subah sebagian besar telah bekerja dan mendapat kepercayaan lebih dari bengkel/ perusahaan, karena sikap dan kedisplinan.
  4. Dunia Usaha dan Industri (DU/DI) yang menghendaki tersedianya tenaga kerja yang terampil, berahlakul kharimah, dan kompeten dibidangnya
  5. Masyarakat mulai tergugah bahwa sekolah swasta jika dikelola dengan baik, ternyata hasilnya tidak kalah dengan sekolah negeri.
  6. Masyarakat lebih percaya pada pendidikan SMK yang sertai dengan pendidikan kepesantrenan, serta siswa/ santrinya tinggal di pondok pesantren.
  7. Tempat yang strategis yaitu di Komplek Pondok Pesantren, Wilayah Jalur Pantura, yang mana mudah dijangkau dari segala jurusan.

Dengan adanya kondisi tersebut di atas, saat ini jumlah siswa yang ada di SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama dengan telah dibukanya Kompetensi Keahlian baru dari satu Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan menjadi dua Kompetensi Keahlian kehalian yaitu dengan dibukanya Kompetensi Keahlian Akuntansi pada Tahun Ajaran 2012/ 2013 sehingga para siswa dapat memilih jurusan sesuai dengan bakat dan minat masing – masing..

Pembukaan Kompetensi Keahlian baru diharapkan mampu meningkatkan jumlah siswa pendaftar pada SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2013/ 2014 dan pada tahun pelajaran yang akan datang. Guna meningkatkan minat dan semangat belajar siswa perlu disediakan sarana/ fasilitas pembelajaran dan praktik yang memadai, sehingga pendidik dan siswa SMK Darussalam Subah dapat menyerap ilmu dengan baik.

Untuk mengatasi masalah penyediaan sarana/ fasilitas pembelajaran dan praktik tersebut diharapkan bantuan dari pemerintah, dalam hal ini adalah Direktorat Pembinaan SMK, Dinas Pendidikan Nasional Pusat Jakarta.

 

VISI DAN MISI

  • VISI :

Sebagai lembaga pendidikan formal, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darussalam Subah, Kabupatean Batang mempunyai visi sebagai berikut :

“TERCIPTANYA SUMBER DAYA MANUSIA YANG TERAMPIL, MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI, BERIMAN DAN  BERTAKWA“

  • MISI :

Visi tersebut di atas tertanam dalam upayanya  yang merupakan misi SMK Darussalam Subah, Kabupaten Batang, sebagai lembaga pendidikan formal yaitu:

  1. Mengupayakan sistem pembelajaran yang berkualitas .
  2. Menyiapkan peserta didik untuk bekerja, berwirausaha maupun untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  3. Membekali peserta didik dengan keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi serta ajaran agama.
    • TUJUAN :

Memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang berahlakul kharimah, mampu bersaing ditingkat regional maupun nasional

Menciptakan peserta didik menjadi wirausahawan yang handal dan kompeten dibidangnya.

  • PERMASALAHAN

Dengan melihat  tingkat perkembangan siswa yang tidak sebanding dengan tingkat perkembangan fasilitas/ sarana pembelajaran yang ada maka timbul permasalahan-permasalahan sebagai berikut :

  1. Kebutuhan akan fasilitas pembelajaran siswa (computer) tahun pelajaran 2012/ 2013 masih tersedia belum mencukupi, sehingga perlu penambahan computer sebagai sarana belajar siswa.
  2. Belum tersedianya tempat penyimpanan data-data kependidikan
  3. Dengan kondisi yang demikian, maka kebutuhan penambahan fasilitas/ komputer bagi SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang merupakan hal yang mutlak dan sangat mendesak.

 

B.  TUJUAN

Tujuan yang hendak dicapai adalah :

  1. Terpenuhinya fasilitas/ sarana belajar yang baik terutama bagi siswa SMK.
  2. Peningkatan mutu pembelajaran di SMK berbasis komunitas/ karakter
  3. Proses kegiatan belajar mengajar dapat semakin lancar dan tertib, sehingga prestasi yang telah diraih dengan berhasil meluluskan 100% dapat terus dipertahankan dimasa yang akan datang.
  4. Tercukupinya tempat untuk menyimpan data-data kependidikan
  5. Pendukung pelaksanaan   pembelajaran yang  membangun kemandirian dan  jiwa kewirausahaan pada siswa/ santri.
  6. Terciptanya Siswa dan lulusan/ out put SMK Darussalam Subah yang menguasai keterampilan dan Penguasaan Teknologi yang berkualitas serta memiliki iman dan ketakwaan yang lebih.

C. SASARAN

  1. Sasaran dari Pengembangan SMK Darussalam Subah adalah :
  2. Dapat memberikan sarana belajar yang baik sebagai fasilitas utama sekolah
  3. Meningkatnya mutu pembelajaran dan siswa di SMK Darussalam Subah berbasis komunitas/ karakter
  4. Mensukseskan program pemerintah dalam hal pengembangan SMK sehingga Sekolah Menengah Kejuruan dapat semakin diminati oleh generasi muda penerus bangsa.
  5. Data-data kependidikan dapat tersimpan secara rapi, teratur dan sistematik dengan prinsip manajemen
  6. Mendukung pelaksanaan   pembelajaran yang  membangun kemandirian dan  jiwa kewirausahaan pada siswa/ santri.

 

POTENSI DAN PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH

Potensi dan Kelemahan Internal

Potensi Internal

  1. Aspirasi masyarakat terhadap SMK Darussalam Subah bagus
  2. Dukungan masyarakat sekitar yang antusias
  3. Animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMK Darussalam Subah, Kabupaten Batang sangat bagus
  4. Adanya jumlah SMP/ MTs di lingkungan Sekolah
  5. Pengajar sebagian besar berasal dari daerah sekitar sehingga mudah dalam koordinasi pada saat jam dinas ataupun di luar dinas,
  6. Pengajar sebagian besar masih muda sehingga memunyai semangat  dan energi yang tinggi dalam rangka memajukan sekolah,
  7. Pengajar sebagian besar sesuai dengan jurusan yang diampunya sehingga tidak kesulitan dalam penyampaian materi ajar kepada peserta didik,
  8. Lokasi Sekolah/ Pondok jauh dari pusat keramaian sehingga diharapkan mampu belajar dapat lebih focus dan terkendali,
  9. Kurikulum sekolah dibekali denngan muatan keagaamaan yang lebih karena sekolah berbasis pesantren sehingga diharapkan santri akan lebih mendapat keterampilan yang lebih

 

Kelemahan Internal

  1. Belum tercukupinya  ruangan  kelas  yang  memadai  sesuai  dengan  jumlah  siswa yang ada sehingga memakai ruangan yang sediaanya digunakan untuk keperluan lain,
  2. Belum tercukupinya ruang guru yang representatife,
  3. Belum tercukupinya ruang komputer, ( jumlah komputer yang belum memadai)
  4. Belum tercukupinya ruang perpustakaan dan buku penunjang,
  5. Belum tercukupinya ruang Labortatorium IPA dan alat kelengkapannya,
  6. Belum tercukupinya ruang Laboratorium Bahasa dan alat pendukungnya,
  7. Belum tercukupinya ruang Konseling,
  8. Belum tercukupinya ruang OSIS,
  9. Belum tercukupinya ruang UKS,
  10. Belum tercukupinya ruang BKK,
  11. Belum tercukupinya Mushola Sekolah

Potensi dan Tantangan Eksternal

Potensi Eksternal

  1. Dukungan pemerintah yang lebih mengutamakan pendidikan pada SMK dengan semboyan “ SMK BISA ! “
  2. Adanya program pemerintah melalui bantuan Ruang Kelas Baru (RKB), Ruang Praktik Siswa (RPS), dan Pengadaan bahan dan alat praktik dari pemerintah Pusat, pemerintah Provinsi, dan pemerintah Kabupaten walaupun belum terpenuhi selurunya,
  3. Beasiswa dari pemerintah bagi siswa kurang mampu atau pra sejahtera dan beasiswa bagi siswa prestasi
  4. Adanya dukungan dari seluruh warga sekolah
  5. Dukungan dari Lingkungan sekitar terhadap pelaksanaan pembangunan SMK Darussalam Subah.
  6. Bertambahnya jumlah santri pada pondok pesantren maka akan meningkatkan jumlah siswa pada SMK Darussalam Subah.
  7. Dimasyarakat sudah muncul pemikiran bahwa sekolah saja tidak cukup tapi harus ada plus nya yaitu pesantren , untuk itu SMK Darussalam Subah mampu menjawab persoalan tersebut.
  8. SMK tidak hanya mencetak generasi untuk bekerja saja tapi siap berwirausaha ataupun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan kurikulum KTSP yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan

Tantangan Eksternal

  1. Jarak tempat tinggal siswa yang cukup jauh dari sekolah bagi siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren
  2. Minimnya Biaya Opersional Sekolah
  3. Kurangnya dana untuk pembangunan sarana dan prasarana sekolah ( Ruang laboratorium bahasa, IPA, komputer, perustakaan, dll)
  4. Sebagian besar siswa SMK merupakan dari keluarga menengah ke bawah (keluarga kurang mampu atau pra sejahtera)
  5. Iuran yang dari siswa dibayarkan tidak tepat waktu sehingga sekolah harus mencari cara untuk menutupi pengeluaran rutin sekolah terutama untuk gaji pegawai yaitu dengan meminjam kepada lembaga keuangan yang ada
  6. Sejalan dengan paradigma yang muncul dari masyarakat.bahwa siswa SMK nakal dan sering tawuran maka sekolah harus mampu mengubah kesan tersebut sehingga aturan yang diterapkan harus benar-benar ditegaakkan, seperti :
    • setiap jam pertama dimulai dilakukan mujahadah al asma’ul khusna,
    • sholat dzuhur berjamaah,
    • wajib mengenakan peci
    • Tadarus al qur’an pada bulan Ramadhan,
    • Istighotsah setiap minggu menjelang Ujian Nasional, dan tahun ajaran baru
    • Pembinaan dari pengasuh pondok setiap akhirussanah

Permasalahan dan Altenatif Pemecahannya

  1. Perasalahan

Dalam merumuskan suatu masalah yang ada di SMK Darussalam Subah, Kabupaten  Batang.  Adapun  analisa  yang  telah  kami  melakukan adalah :

 

ANALISA SWOT

Kekuatan / Keunggulan Sekolah ( S = Strenght )

  1. Letak yang strategis
  2. Tersedianya Pondok Pesantren
  3. Jumlah siswa yang banyak
  4. Jumlah tenaga pendidik yang baik dan profesional
  5. Dukungan masyarakat yang baik

Kelemahan / Kekurangan Sekolah ( W = Weakeness )

  1. SDM rendah
  2. Terbatasnya dana
  3. Kurangnya fasilitas / sarana prasarana terutama Ruang Kelas, Ruang Praktik Siswa, Alat dan Bahan Praktik Siswa.

Peluang / Kesempatan Sekolah ( O = Opurtunity )

  1. Lingkungan sekolah yang kondusif
  2. Minat siswa yang tinggi
  3. Perhatian dan dukungan pemerintah yang baik

Ancaman sekolah ( T = Threat )

  1. Kenakalan siswa
  2. Pengaruh mass media
  3. Pergaulan dalam masyarakat sekitar
  4. Rendahnya perhatian orang tua tehadap perkembangan anak

 

ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH

  1. Menambah Fasilitas Sekolah guna memenuhi kecukupan gedung dan sarana prasarana penunjang lainnya
  2. Memaksimalkan pelaksanaan Kurikulum KTSP
  3. Meningkatkan Jalinan Kerjasama dengan DU / DI
  4. Menumbuh kembangkan potensi siswa
  5. Memberikan beasiswa bagi siswa dari keluarga kurang mampu
  6. Memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi
  7. Mengikutsertakan guru dan karyawan dalam berbagai Pelatihan, Penataran, Workshop dan Evaluasi.
  8. Menambah tenaga/ karyawan untuk BK, Mekanik, Laboran, dan Pustakawan
  9. Menjalin kerjasama dengan alumni
  10. Menambah alat dan bahan praktik siswa yang berkaitan dengan pembelajaran mesin (Teknik Kendaraan Ringan)
  11. Penambahan peralatan laboratorium, olah raga, kesenian, dan sarana pembelajaran (OHP, LCD, dan Laptop/ Netbook)
  12. Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Ruang Praktik yang sesuai dengan standar pemerintah dan Tuntutan DU/ DI.
  13. Penambahan dan perlengkapan Ruang Kelas dan Ruang Praktik ( Utama, Penunjang, komputer, Almari, Rak, Speaker, dll )

 

PROGRAM KEAHLIAN YANG DIKEMBANGKAN

  1. Kompetensi KeahlianTeknik Otomotif Kendaraan Ringan

Program ini merupakan Kompetensi Keahlian pertama pada saat pendirian.SMK Darussalam Subah. Kompetensi Keahlian kehalian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan dipilih karena kebutuhan akan pekerja/ montir mobil pada Perusahaan Mobil dan bengkel-bengkel (DU/DI) semakin bertambah atau untuk berwirausaha sendiri. Tahun ini Kompetensi Keahlian kehalian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan telah Terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN S/M) dan Tahun Pelajaran 2010/ 2011 SMK Darussalam Subah telah berhasil meluluskan siswa Angkatan Pertama dengan tingkat kelulusan 100% Dampak dari suksesnya para siswa dalam mengikuti Ujian Nasional (UN) dan dapat diterima kerja di DU/DI menjadikan motifasi untuk SMK Darussalam Subah Kabupaten Batang untuk lebih meningkatkan pelayanan yang baik pada pengelola dan siswa SMK.

  1. Kompetensi Keahlian Akuntansi

Kompetensi Keahlian ini dikembangkan dengan tujuan untuk menampung peserta didik perempuan yang berminat melanjutkan pendidikannya pada SMK Darussalam Subah untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dibidang Akuntasi, dimana dalam era globalisasi saat ini sangat dibutuhkan seiring dengan tumbuh dan berkembangnya perusahaan–perusahaan dan industri menengah. Dengan Kompetensi Keahlian ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah siswa mencapai 30%.

  1. Kompetensi Kehlian Teknik Komputer dan Jaringan

Kompetensi Keahlian ini dikembangkan dengan tujuan untuk menampung peserta didik  yang berminat dibidang Komputer dan jaringan, dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknolong jurusan Komputer dan Jaringan ini mampu berperan dalam dunia teknologi modern. Kompetensi Keahlian ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah siswa mencapai 40%.

 

FOTO KEGIATAN

GEDUNG SMK

Ruang Lab. Komputer

Praktek KeahlianTeknik Otomotif Kendaraan Ringan

Kegiatan Kepramukaan

Kunjungan Kerja Praktik

 

 

Facebook Comments