PENILAIAN DESA ANTI KORUPSI DESA KEMIRI BARAT

  • Sep 19, 2023
  • Desa Kemiri Barat


        

 

       


Kemiri Barat, 18/09/2023, Telah dilaksanakan PenilaianDesa Anti Korupsi  yang mana Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah Kabupaten Batang menjadi salah satu dari 15 desa yang ditunjuk KPK di Kabupaten Batang sebagai pilot projek Desa Anti Korupsi.

“Bahwa dalam program desa antikorupsi ini menjadi salah satu upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi di tingkat desa, serta pembinaan ketertiban administratif pemerintah desa dengan melibatkan Inspektorat dan instansi terkait” kata Pj. Bupati Batang Lani Dwi Rejeki 

Sebelum adanya penilaian ini memang Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah Kabupaten Batang sudah menerapkan nilai-nilai anti korupsi yang sudah  dijalankan mulai dari perangkat desa hingga kepala desa didalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Bahkan nilai-nilai anti korupsi juga diterapkan dalam event dan inovasi yang ada di Desa Kemiri Barat, antaranya dalam kegiatan peringatan HUT RI, Karnaval Pembangunan, Kirab Tumpeng, pagelaran wayang, adapula kegiatan yang diadakan oleh para seniman dan pemuda Desa Kemiri Barat yang dikemas dalam event Kembar Art Festival yang mengangkat budaya desa.

Pelaksanaan penilaian desa anti korupsi ini akan dilakukan oleh tim penilai yang terdiri dari unsur :

  1. Inspektorat Jawa Tengah
  2. Dispermasdukcapil Jawa Tengah
  3. Dinas Kominfo Jawa Tengah
  4.  Inspektorat Daerah Kabupaten Batang
  5. Dispermades Kabupaten Batang
  6. Diskominfo Kabupaten Batang.

Hasil Desa Anti Korupsi kami dari tim penilai sudah selesai menilai Desa Kemiri Barat sepakat memberikan nilai sebesar 96 dengan kriteria istimewa.

Penilaian Desa Anti Korupsi  yang dilakukan dengan secara objektif dan independen, setiap personil dan tim penilai hendaknya menjaga dan mengedepankan integritas dalam proses penilaian akhir desa anti korupsi. Dan ini telah dipublikasikan oleh :

  1. https://berita.batangkab.go.id/?p=1&id=11416
  2. https://www.ayosemarang.com/umum/7710212831/pilot-projek-desa-antikorupsi-kpk-desa-kemiri-barat-batang-juga-jadi-desa-seni-dan-budaya
  3. https://infopublik.id/kategori/nusantara/779387/kembar-batang-dinyatakan-jadi-desa-antikorupsi-di-jateng-dengan-kriteria-istimewa
  4. https://www.rmoljawatengah.id/kemiri-barat-jadi-desa-antikorupsi-berkriteria-istimewa-di-batang